Header Ads

ad

Peta Kasus Demam Berdarah Hingga April 2016 di NTB

Peta Kasus Demam Berdarah
NuansaGISKonsultan, Jumlah kasus demam berdarah (DBD) di NTB terus meningkat, tercatat mulai dari Januari hingga April 2016 sebanyak 1.476 kasus dan lebih dari 10 orang meninggal dunia. Jika dibandingkan dengan dengan tahun 2014 lalu hanya mencapai 1273 kasus.

Berdasarkan data dari dinas Dinas Kesehatan Provinsi NTB menyebutkan, Kabupaten Lombok Timur menjadi daerah penyumbang tertinggi angka kasus DBD yakni sebanyak 430 dan 6 orang meninggal dunia, kemudian disusul oleh Kota Mataram sebanyak 389 kasus, 4 orang meninggal. Kabupaten Sumbawa terdapat 207 kasus, 2 orang meninggal. Kabupaten Lombok Barat sebanyak 123 kasus, 2 orang meninggal. Kabupaten Bima 83 kasus, Kabupaten Dompu 76 kasus, Kabupaten Lombok Utara (KLU) 65 kasus, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) 30 kasus, dan yang terakhir paling sedikit yaitu Kota Bima dengan jumlah 26 kasus namun satu orang meninggal dunia.

Dalam peta berikut ini dapat dilihat tingkat wilayah kabupaten yang mengalami peningkatan kasus Demam Berdarah tertinggi di Provinsi Nusa Tanggara Barat. Juga terdapat beberapa postingan dari media sosial yang menanggapi tentang kejadian demam berdarah yang terdapat di Provinsi NTB



Penanggulangan Demam Berdarah
Penyebab lain terjadinya meningkatnya kasus DBD ini disinyalir karena musim hujan tahun ini yang tidak teratur.
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Barat drg. Eka Junaidi mengingatkan kepada masyarakat, untuk menanggulangi permasalah ini adalah masyarakat untuk pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dan jangan membiarkan lingkungan tempat tinggal sekitar ada genangan air.

Sumber:
Lombok FM

Tidak ada komentar