Header Ads

ad

RENCANA STRUKTUR RUANG KOTA BIMA

Klik ini untuk melihat Peta Rencana Struktur Ruang Kota Bima
Kota Bima adalah salah satu Kota yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Barat yang lokasinya berada di bagian timur pulau Sumbawa. Sebagai salah satu Kota tentunya Kawasan Kota Bima membutuhkan Struktur Ruang Wilayah Kota yang baik guna  meningkatkan fungsi dan peran pusat – pusat pelayanan serta meningkatkan kualitas dan jangkauan pelayanan jaringan prasarana wilayah kota. Dimana Rencana Struktur Ruang merupakan rencana yang mencakup rencana sistem perkotaan wilayah kota dalam wilayah pelayanannya dan jaringan prasarana wilayah kota yang dikembangkan untuk mengintegrasikan wilayah kota selain untuk melayani kegiatan skala kota, meliputi sistem jaringan transportasi, sistem jaringan energi dan kelistrikan, sistem jaringan telekomunikasi, sistem jaringan sumber daya air, dan sistem jaringan lainnya.
          Berdasarkan Perda No. 4 tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Bima Tahun 2011 - 2031 menyebutkan Rencana Struktur Ruang Kota Bima meliputi : Pusat – Pusat Pelayanan Wilayah Kota dan Sistem Jaringan Prasarana Wilayah Kota.

Pusat - Pusat Pelayanan  Kota Bima
Kantor Walikota Bima
Pusat - Pusat Pelayanan Wilayah Kota merupakan pusat pelayan soaial, budaya, ekonomi, dan/atau administrasi masyarakat yang melayani wilayah Kota Bima dan regionalnya yang meliputi: Pusat Pelayanan Kota, Sub Pusat Pelayanan Kota dan Pusat Pelayanan Lingkungan.
Pusat pelayanan Kota Bima berada di Kecamatan Rasanae Barat, sebagian Kecamatan Asakota dan sebagian kawasan Kecamatan Mpunda yang berfungsi sebagai pusatperdagangan dan jasa skala nasional serta pariwisata secara regional.
Sub Pusat Pelayanan Kota Bima berada di 3 Kecamatan yaitu Kecamatan Mpunda, Kecamatan Raba dan Kecamatan Rasanae Timur.
Kecamatan Mpunda berfungsi sebagai pusat   kegiatan industri kecil dan kerajinan serta pusat pelayanan kesehatan secara regional;
Kecamatan Raba, berfungsi sebagai pusat kegiatan industri kecil dan kerajinan juga berfungsi sebagai kawasan pelayanan kesehatan;
Kecamatan Rasanae Timur, berfungsi sebagai pusat peruntukan industri;
Pusat Pelayanan Lingkungan ditujukan untuk melayani kegiatan skala lingkungan, dimana pusat pelayanan limgkungan tersebut berada di enam kelurahan yakni: Kelurahan Jatiwangi, Kelurahan  Mande, Kelurahan Manggemaci, Kelurahan Santi, Kelurahan Kodo dan Kelurahan Kolo. 

Sistem Jaringan Prasarana Kota Bima.
Jaringan Transportasi Darat di Kota Bima
Sistem Jaringan Prasarana merupakan sarana prasarana untuk menunjang kegiatan yang ada di Pusat -Pusat Pelayanan Kota yang Termasuk di dalamnya Pusat Pelayanan Kota, Sub Pusat Pelayanan Kota dan Pusat Lingkungan. Sistem jaringan prasarana  wilayah Kota Bima meliputi :
1.    Rencana sistem jaringan transportasi;
2.    Rencana sistem jaringan energi dan kelistrikan;
3.    Rencana sistem jaringan telekomunikasi;
4.    Rencana sistem jaringan sumber daya air;
5.    Rencana sistem jaringan prasarana air minum;
6.    Rencana sistem jaringan persampahan ;
7.    Rencana sistem pengelolaan air limbah;
8.    Rencana penyediaan dan pemanfaatan sarana dan prasarana jaringan jalan pejalan kaki;
9.    Rencana sistem drainase; dan
10.  Rencana  jalur  evakuasi bencana.

Tidak ada komentar